Sunday, May 7, 2017

RAID 0 & RAID 1

Pada ulasan pertama untuk tugas week09-week10 mata kuliah OS kali ini, Saya akan membahas mengenai teknis lebih dalam mengenai RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks). Saya mengambil referensi dari situs youtube bernama "SPANdotCOM" yang videonya berjudulkan "HOW RAID WORKS - Choosing between RAID 0, RAID 1, RAID 5, RAID 6 OR RAID 10".

Pada segmen pertama, dijelaskan RAID 0 mempunyai metode striping. Yang di maksud striping adalah ketika kita memiliki 2 disk yang ingin kita konfigurasi dengan RAID 0. Kita menyimpan data sedemikian sehingga data tersebut disimpan secara selang-seling. Sehingga banyak orang menggunakan RAID 0 untuk kecepatan read/write.

Pada segmen kedua, beliau menjelaskan bahwa RAID 1 itu seperti kebalikan dari RAID 0 yang menggabungkan 2 disks, malah melakukan mirroring disk pertama ke disk ke 2. Hal ini dilakukan karena fokus dari RAID 0 adalah untuk kecepatan read/write sedangkan RAID 1 untuk reliability data yang mentoleransi drive failure. Lalu beliau menjelaskan RAID 5 dan RAID 6 yang sebenarnya mirip dengan RAID 0 namun memiliki parity sehingga ketika ada drive failure masih bisa di rebuild.

Menurut Saya, penyaji konten memiliki penyampaian yang sangat mudah di mengerti. Sayapun secara pribadi telah menjadikan beberapa videonya sebagai referensi ketika pertama kali membangun PC saya sendiri. Video ini juga sering saya rekomendasikan kepada orang-orang yang sedang bingung atau ingin mencari tau mengenai RAID.


Github : irvannotaqi

URL ulasan: irvannotaqi.blogspot.com
URL youtube : https://youtu.be/x533qY_Fhk0 (7:41)
Materi week09
Submit revisi pertama : May 8th 2017

No comments:

Post a Comment

RANKING 09

----------------------------------- RANKING09 ULASAN PESERTA OS 2017-1 ----------------------------------- 1.[W09-004] 345 http://cindya...